Sejawat Seri-17


Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro menjadi lokasi pelaksanaan Sejawat seri 17. Kecamatan Dander sebelumnya telah terkenal dengan adanya obyek wisata “Kahyangan Api” yang merupakan sumber api alam yang tak kunjung padam. Di lokasi Kahyangan Api ini juga terdapat sumber air dingin yang secara visual mirip dengan air panas yang mendidih karena adanya uap yang muncul dari dalam sumber tersebut.

Pelaksanaan Sejawat seri 17 dimulai dari kawasan Wana Wisata/Lapangan Golf Dander dan langsung disambut single track memasuki hutan jati yang rapat. Tanah di lokasi hutan ini sangat keras dan licin, apalagi semalam sebelumnya diguyur hujan gerimis. Laju sepeda seperti tidak bisa dikendalikan karena licinnya kondisi tanah yang seperti berminyak.

Selepas hutan jati, peserta memasuki jalan aspal di tengah perkebunan. Banyak peserta yang segera balas dendam dengan langsung tancap gas. Namun jalan aspal ini cuma sepanjang sekitar 200 meter dan peserta dibelokkan menuju tanjakan berpatu kapur yang licin. Lagi-lagi banyak peserta yang harus turun dari sepeda karena tak kuasa untuk naik.

Total trek sepanjang sekitar 21 kilometer dengan mayoritas single trek tengah hutan yang sangat hijau dan segar. Tanjakan dan turunan secara umum tidak terlalu ekstrim, akan tetapi kondisi tanah dan batu yang licin menjadi handicap tersendiri yang harus ditaklukkan. Pemandangan sekitar sungguh indah dan segar, apalagi kondisi dalam hutan jati yang sangat teduh tanpa sinar matahari langsung sungguh sangat menyegarkan.

Dalam perjalanan pulang, rombongan POKER Kota Kediri mampir ke Waduk Pacal yang didirikan pada tahun 1933 pada jaman penjajahan Belanda. Kondisi sampai dengan saat ini masih sangat prima, namun demikian turbin pembangkit listriknya sudah tidak ada lagi. Pengelolaan secara fisik bendungan ini sudah baik dengan adanya tempat parkir dan warung-warung makan, namun demikian masih perlu ditambah dengan fasilitas-fasilitas hiburan seperti pemancingan ataupun berperahu, sehingga pengunjung memiliki alternatif selain melihat pemandangan sekitar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: