Tipe Shifter


Shifter adalah alat berupa tuas yang digunakan untuk memicu pemindahan gigi pada sepeda MTB atau sepeda lain dengan rasio gigi lebih dari satu. Untuk lebih jelas lokasinya pada sepeda dapat dilihat di sini. Pada Sepeda MTB, shifter ini ada beberapa jenis yang beredar di pasaran. Jenis shifter tersebut adalah :

Ada 4 (empat) tipe shifter yang beredar di pasaran, yaitu Thumb Shifter, Grip Shifter, Rapidfire Shifter, dan Brakelever Shifter. Penjelasan dan gambar detailnya adalah sebagai berikut :

1. Thumb Shifter

Adalah Shifter jenis pertama kali yang muncul di pasaran. Shifter ini terpasang di bagian atas handlebar seperti yang dapat kita lihat pada sepeda-sepeda tahun 1980-an. Cara kerjanya adalah dengan menekan shifter ini dengan jari jempol ke arah angka indeks yang diinginkan untuk menaikkan posisi gigi, dan sebaliknya menariknya dengan jari telunjuk ke arah indeks yang diinginkan untuk menurunkan posisi gigi.

2. Grip Shifter

Ini adalah generasi shifter berikutnya dimana dia terletak bersama handgrip, mirip handle gas pada kendaraan bermotor. Cara kerjanya adalah dengan memutar grip ini ke dalam pada indeks yang diinginkan untuk menaikkan pisisi gigi, dan sebaliknya memutar kearah luar ke arah indeks yang diinginkan untuk menurunkan posisi gigi.

3. Rapid fire Shifter

Adalah jenis shifter yang paling populer dimana letaknya berada di bawah handlebar. Lain dengan shifter yang lain, ada dua handle pada jenis shifter ini. Handle untuk menaikkan gigi ada di bagian bawah sebaliknya untuk menurunkan poisisi gigi handle ada dibagian atas. Untuk handle bawah shifter pemindah gigi belakang, dengan sekali tekan pada handlenya maka akan dapat menaikkan gigi hingga 3 gigi sekaligus. Sementara untuk handle bawah shifter pemindah gigi depan, dengan sekali tekan hanya dapat menaikkan 1 gigi saja. Sebaliknya untuk handle atas dengan sekali menekan akan turun 1 gigi saja untuk shifter depan dan belakang.

4. Brake Lever Shifter

Pada dasarnya ini juga merupakan tipe Rapidfire Shifter, bedanya adalah bahwa handle shifter-nya menyatu dengan handle rem. Cara kerjanya adala dengan menekan handle rem ke bawah untuk menaikkan posisi gigi dan sebaliknya menarik handle rem ke atas untuk menurunkan posisi gigi. Untuk menurunkan posisi gigi juga terdapat alternatif handle di bagian bawah handlebar, dengan menekannya akan menurunkan posisi gigi.

Gambar di bawah menjelaskan sebagai berikut :

Shifter

Shifter

Gb 1. Thumb Shifter
Gb 2. Grip Shifter
Gb 3. Rapidfire Shifter
Gb 4. Brake Lever Shifter

4 responses to this post.

  1. Posted by Citra Ciprut World on Oktober 9, 2015 at 12:41 pm

    Tentang shifter ini saya mau nanya nih, karna kebetulan saya berencana mau ganti shifter setelah browsing di internet saya menemukan shifter SLX i-spec A & B,
    saya tidak mengerti maksutnya i-spec A & B itu apa ya? & bedanya sama yang bukan i-spec apa?

    terimakasih & salam kenal.

    Balas

  2. yang grip shifter bisa dilepas dari handle bar gak?
    kalo bisa caranya gmna?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: