Reksa Dana Online


Membeli Reksa Dana/Mutual Fund saat ini semakin mudah dengan mulai berkembangnya penggunaan internet untuk melakukan transaksi Reksa Dana. Beberapa yang telah menggunakannya adalah PT. Danareksa Investment Management melalui situsnya www.danareksaonline.com., dan Bank Commonwealth melalui Internet bankingnya di www.commbank.co.id.

Dalam situs danareksa-online, bukan hanya transaksi Reksa Dana yang ditransaksikan, melainkan juga saham. Tetapi seusai judul di atas, maka yang dibahas di sini cuma transaksi Reksa Dana, melalui menu D’ONE Reksa Dana.

1.      Danareksa-Online

Untuk dapat melakukan transaksi Reksa Dana pada situs ini, pertama kali adalah memilih menu D’ONE Reksa Dana dan melakukan registrasi nasabah.  Pada menu registrasi ini kita akan memilih Tipe Investor dan Tipe Nasabah sesuai profil kita, menyetujui Syarat dan Ketentuan Fasilitas Online,  mengisi form Regitrasi Nasabah, dan mengisi Profil Resiko.

Setelah semua proses dilalui, kemudian akan mendapatkan e-mail pada alamat yang kita daftarkan yang berisi Data Registrasi dan 3 (tiga) attachment yang harus di print, ditandatangani dan dikirim kembali via pos ke PT. Danareksa Investment Management. Ketiga file attachment tersebut adalah : 1. Form Pendaftaran; 2. Syarat dan Ketentuan Pembukaan Rekenting; 3. Syarat dan Ketentuan Fasilitas On-line.

Ketiga file tersebut beserta copy KTP dan NPWP bisa dikirim kembali lewat e-mail / faks untuk lebih mempercepat proses pendaftaran. Setelah pengiriman via e-mail / faks, maka kita akan mendapat e-mail approval pembukaan rekening beserta Login Name dan Password-nya. Akan tetapi untuk prosedur Pengenalan Customer (KYC) ketiga hardcopy tersebut harus tetap dikirim via pos.

Setelah mendapat Login Name dan Password kita bisa langsung masuk dalam D’ONE Reksadana dan melakukan transaksi reksa dana.  Selanjutnya apabila kita melakukan transaksi pembelian, kita akan mendapatkan nomor rekening virtual yang harus diisi sesuai dengan jumlah pembelian yang kita lakukan.

Menu D’ONE reksadana cukup lengkap dalam memberikan informasi personal nasabah, diantaranya Profil Customer, Transaksi Reguler Pembelian dan Penjualan, Transaksi IMD Pembelian dan Penjualan, Laporan Ringkasan Portofolio Pelanggan, Laporan Transaksi Historis per Produk dan per Periode, serta Laporan Mutasi Unit Penyertaan.

Biaya pembelian Reksa Dana Danareksa secara offline adalah maksimal 3% dari nilai transaksi, akan tetapi bila dilakukan secara on-line bebas biaya. Investasi awal yang dijanjikan juga cukup murah, cuman Rp. 100.000.- sudah bisa melakukan pembelian Danareksa. Kelemahan dari fasilitas ini adalah bahwa jenis Reksa Dana yang diperdagangkan cuman dari Danareksa saja, tidak ada dari Manajer investasi lainnya.

2.      Bank Commonwealth

Agar dapat melakukan transaksi pembelian Reksa Dana melalui bank Commonwealth, maka pertama kita harus datang sendiri ke Bank Commonwealth terdekat untuk membuka rekening tabungan serta langsung meminta aplikasi Internet Banking (IB) yang telah disediakan. Proses pendaftaran cukup mudah dengan mengisi Form Pendaftaran Tabungan, Pendaftaran Internet Banking dan mengisi Profil Resiko Investasi.

Saldo awal yang harus disetor dalam rekening tabungan adalah Rp. 500.000.-, dengan saldo ditahan Rp. 10.000.- dan biaya administrasi Rp. 5.000.- per bulan. Biaya administrasinya cukup murah jika dibandingkan dengan fasilitas yang diberikan, yaitu berupa kartu ATM dan token IB. Biaya transfer inter dan antar bank via IB Gratis serta penarikan dari ATM bersama dan ATM Prima/BCA Gratis

Setelah mendapatkan token IB, maka kita langsung dapat masuk dalam Menu Internet Banking Bank Commonwealth, yang didalamnya memiliki banyak fitur, mulai Account Info, Transaksi (Transfer, Deposito, dan Reksa Dana tentunya). Dana Reksa yang diperdagangkan juga banyak seperti BNP, Danareksa, Mandiri, Manulife, Schroeder, dan sebagainya sehingga membuat lebih fleksibel dalam pemilihan Reksa Dana.

Dalam pelaksanaan transaksi dikenakan biaya 50% dari biaya transaksi masing-masing Reksa Dana yang tercantum dalam prospektusnya (Subscription/Redemption). Biaya 50% ini benar-benar menguntungkan bila dibandingkan melalui transaksi offline.

Selanjutnya tinggal mengamati perkembangan NAB Reksa Dana pilihan kita untuk mengetahui perkembangannya. Demikian sekilas tentang Reksa Dana on-line semoga dapat memberikan manfaat.

7 responses to this post.

  1. Posted by angel on April 13, 2011 at 1:50 pm

    saya mau tanya, kalo saya sudah mempunyai tabungan d commbank dan ingin membeli reksadana secara online melalui internet banking apakah bisa? atau haruz datang ke bank comm secara langsung?

    Balas

    • Sudah pakai fasilitas internet bankingnya? kalau belum ya harus apply dulu, nanti dikasih tokennya untuk transaksi online via i-bank.
      Demikian semoga membantu.

      Balas

  2. Posted by jemmy apriandi on November 27, 2010 at 6:46 pm

    bisakah seorang pelajar sma membeli reksadana dengan membuka tabungan AutoInvest (Bank Commonwealth) tanpa disertai KTP (dengan kartu pelajar)? Mohon pencerahannya ya..

    Balas

    • @ Jemmy,
      Sama dengan bank yang lain mestinya boleh karena pelajar memang belum wajib memiliki KTP, sehingga legalitas secara hukum terwakili oleh kartu pelajar.
      Dari sisi Bank, Anda adalah prospek customer yang potensinya mestinya harus direalisasikan untuk meningkatkan jumlah nasabah Bank tersebut.
      Selamat mencoba…

      Balas

  3. Posted by hamsaruddin on November 7, 2010 at 12:57 pm

    saya mau tanya informasi mengenai jaminan uang saya karena kalau di bank ada namanya lembaga penjamin simpanan (PS)

    Balas

  4. info yang menarik…

    izin nyimak ya…

    di tunggu kunjungan baliknya…

    by auto loan refinancing

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: