Tipe Bottom Bracket


Bottom Bracket atau lebih seting disingkat “BB” adalah alat yang ada pada tengah engkol/kayuhan sepeda, yang berfungsi mengikat kayuhan sepeda pada kerangka sepeda namun menjaganya agar tetap dapat berputar dengan baik. Untuk mengetahui secara persis lokasi Bottom Bracket ini pada sepeda dapat dilihat di sini. Ada beberapa tipe dari BB ini, antara lain Internal Bearing (Square Taper, Ashtabula, Hollow Spindle) dan Outboard Bottom Bracket.

1. Internal bearing

Pada tipe ini, bearing (loose bearing ataupun sealed bearing) terletak di dalam rumah bracket/kerangka sepeda. Dalam tipe ini dapat dibagi menjadi :

  • Square Taper

Pada tipe BB ini, model ujung as/spindle adalah kotak dan solid. Spindle dipasang pada bearing BB yang telah ditanam dalam rumah bracket. Crank-set kemudian dipasang pada ujung spindle kotak yang kemudian dikunci dengan baut.

  • Ashtabula

Pada tipe ini BB, spindle dan crank merupakan satu set, sehingga rumah bracket berukuran lubang besar yang memungkinkan bracket & crank-set yang bermodel “S” ini dapat masuk kedalamnya yang kemudian dikunci ke dalam rumah bracket.

  • Hollow Spindle

Pada tipe ini, spindle berupa logam hollow/pipa yang ditanam dalam bracket yang kemudian dipasang pada rumah bracket. Pada tipe ini ukuran bearing menjadi lebih kecil karena spindle menjadi lebih besar, sehingga ada yang mengatakan durabilitasnya kurang, namun keunggulannya adalah lebih ringan karena besi spindle-nya berupa pipa dan bukan besi solid.

2. Outboard Bearing

Pada tipe ini, bearing pada bracket berada di luar rumah bracket, sehingga spindle bracket bertipe hollow. Dalam tipe ini crank-set menyatu dengan spindle yang kemudian dirakit ke dalam bracket bearing yang telah dikunci ke rumah bracket. Dengan lokasi bearing yang ada di luar rumah bracket, menyebabkan ukuran bearing lebih besar sehingga lebih kuat, dan logam spindle-nya lebih ringan karena berupa pipa.

Dalam gambar di bawah adalah sebagai berikut :

Bottom Bracket

Gb.1. Square Taper BB
Gb.2. Ashtabula BB
Gb.3. Hollow Spindle BB
Gb. 4. Outboard Bearing BB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: