Kasembon Rafting


Rafting

Rafting

Kasembon adalah wilayah yang termasuk dalam Kabupaten Malang, secara persis berada pada sekitar 40 kilometer dari Kota Kediri ke arah Malang. Di desa Kasembon ini terdapat lokasi wisata keluarga yang sifatnya adventure, yaitu rafting, flying fox, paintball dan jeep offroad. Kawasan wisata tersebut salah satunya dikelola oleh K-Land Adventure.

Untuk kali ini kita dari karyawan Perizinan Kota kediri mencoba rafting. Kesan pertama aku adalah bahwa di anak sungai di lokasi ini memiliki aliran yang deras, tetapi pemandangan di sekelilingnya kurang terlalu fantastis. Meskipun demikian, berdasarkan briefing sebelum rafting dimulai, jeram yang ada memang sangat menantang dengan kedalaman hingga 4 (empat) meter dengan kemiringan yang curam. Meskipun sudah pernah rafting sebelumnya, kondisi ini membuatku sangat bersemangat karena kemiringan yang curam ini memang belum pernah aku alami.

Jeram yang curam terjadi karena aliran sungai rafting ini memang melewati jeram-jeram buatan, yang kalau di jeram alami memang susah ditemukan. Sebagai catatan, aliran sungai ini adalah aliran keluar dari bendungan Mendalan yang digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Kekurangan dan kelebihan Kasembon Rafting adalah :

  1. Pemandangan kurang bagus, tebing sungai yang tinggi kurang ditemui.
  2. Kurang batu besar sehingga “BOM/menabrak batu super besar secara frontal” kurang sering terjadi.
  3. Tidak mendapat sertifikat (mungkin kalau yang lebih mahal ada kali ya?)
  4. Jeram lebih menantang, karena jeram buatan yang tingi-tinggi dan bersudut sangat vertikal, sehingga adrenalin lebih tinggi.
  5. Sangat berbeda suasana dengan jeram alami, sehingga pengalaman baru masih sangat terasa, terutama jeram-jeramnya yang sangat vertikal.

Belajar dari pengalaman rafting disini adalah sebaiknya saat memasuki jeram benar-benar berpegangan erat ke tali dan berpegangan di lokasi yang tepat. Lebih baik berpegangan ke tali disisi samping atau agak kebelakang daripada berpegangan ke tali depan. Saat kami rafting ada teman yang terlepas pegangan saat masuk jeram hingga terantuk helm teman lainnya di depannya sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. Meskipun demikian tidak mengurangi rasa segar psikologis karena mendapat pengalaman baru yang seru dan menantang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: