Tipe Brake/Rem


Brake/rem adalah komponen penting dari sepeda. Tanpa rem tentunya sepeda sulit dihentikan dan bisa menabrak apapun di depannya. Tipe brake/Rem sepeda ada beberapa jenis. Berikut adalah tipe rem tersebut :

Tipe rem sepeda ini ada 4 (empat) tipe, yaitu V-Brake, Drum Brake, Mechanical Discbrake, dan Hydraulic Diskbrake. Penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut :

1. V Brake

Sesuai namanya maka bentuk dari rem ini seperti huruf “V”. Rem jenis ini terpasang di kerangka sepeda dan dekat dengan Rim/Velg sepeda. Jika tuas rem ditekan, maka kampas yang melekat pada V Brake akan menekan Rim/Velg sepeda, sehingga sepeda dapat melambat dan berhenti.

2. Drum Brake

Adalah tipe rem dengan Drum/Tromol sebagai komponennya. Kampas rem diletakkan di dalam Drum/Tromol yang jika tuas rem ditarik, kampas rem akan mengembang dan menahan Drum/Tromol yang terikat pada hub. Dengan begitu sepeda akan melambat dan berhenti.

3. Mechanical Discbrake

Adalah tipe rem dengan menggunakan disc/piringan yang dikunci ke hub. Bila tuas rem ditekan, maka kampas di kanan dan kiri piringan akan menekan disc tersebut sehingga sepeda melambat dan berhenti. Pada tipe ini masih digunakan kawat sling untuk menghubungkan kampas rem dan tuas rem. Karena masih menggunakan kabel sling, maka tuas rem/brake lever tidak berbeda dengan Tipe V Brake dan Drum Brake.

4. Hydaraulic discbrake

Sama dengan tipe machanical discbrake, tetapi untuk menghubungkan kampas rem dengan tuas rem digunakan oli yang jika tuas rem ditarik, secara hidrolis kampas rem akan tertekan oleh tekanan oli, sehingga sepeda melambat dan berhenti. Karena menggunakan oli, maka tuas rem/brake lever didesain khusus agar terdapat tempat penampungan oli/oil reservoir didalamnya. Demikian juga dengan kabel rem didesain khusus untuk mengalirkan oli dari tuas rem ke kampas rem.

Gambar di bawah menunjukkan ke-empat jenis rem tersebut :

Brake

Brake

Gb.1. V Brake
Gb.2. Tuas Rem/Brake Lever V Brake
Gb.3. Drum Brake
Gb.4. Mechanical Discbrake
Gb.5. Hydraulic Discbrake dengan tuas ber-oil reservoir

2 responses to this post.

  1. good job kawand..

    kunjung ke sini yah..

    http://programatujuh.wordpress.com/

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: