Mobile Public Service (MPS)


MPS

MPS

Perizinan Kota Kediri pada tanggal 24 Februari 2010 me-“Launching” sistem pelayanan yang baru. Konsepnya adalah mendekatkan layanan perizinan kepada masyarakat melalui kegiatan jemput bola. Kegiatan Launching Mobile Public Service ini dilakukan di Pasar Setono Betek Kota Kediri dengan diresmikan langsung oleh Bapak Walikota Kediri dr. Samsul Ashar, S.Pd. dengan dihadiri oleh para pejabat Kota Kediri dan Komisi DPRD yang mewakili pelayanan perizinan.

Kegiatan pelayanan perizinan yang dilayani pada launching tersebut adalah SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan). Kegiatan ini menggandeng Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi (Disperindagtamben) Kota Kediri selaku Tim Teknis pemberian izin tersebut. Komitmen dari pimpinan Disperindagtamben Kota Kediri untuk mendukung acara tersebut adalah dengan hadirnya Bapak Kepala Dinas, Bpk. Maki Ali selaku penandatangan izin tersebut dari awal acara hingga akhir acara.

Dasar hukum dari kegiatan ini tentu saja adalah Tupoksi Kantor Pelayanan Kota Kediri, Keputusan Menteri Perdagangan No. 36/M-DAG/PER/9/2007 tentang Penerbitan SIUP dan Perda Kota Kediri No. 21 Tahun 2009 tentang Retribusi Pelayanan Perizinan di Bidang Perindustrian dan Perdaganan dimana Perda tersebut menyatakan bahwa aplikasi SIUP/TDP baru di wilayah Kota Kediri dibebaskan dari retribusi.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya perizinan sekaligus menjaring aplikasi SIUP/TDP di sekitar Pasar Setono Betek. Bahwa legalitas usaha sangat diperlukan untuk akses ke pihak ketiga seperti kreditur, perbankan, tender pengadaan, dan kepercayaan usaha. Hasilnya adalah dalam jangka waktu yang hanya 6 jam dapat dijaring dan langsung diselesaikan di tempat 63 izin yang diperlukan masyarakat. Ini merupakan prestasi yang baik bagi Kantor Pelayanan Perizinan Kota Kediri dalam usahanya menghapus stigma masyarakat yang menganggap perizinan berbelit-belit.

Kegiatan MPS ini akan secara periodik terus dilakukan dengan lokasi yang berpindah-pindah menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Di masa mendatang tentunya tidak hanya perizinan SIUP/TDP saja yang dilayani, melainkan semua jenis perizinan yang ada. Reformasi birokrasi memang merupakan jalan terjal yang menanjak dan gelap yang tetap harus dilewati. Semoga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: