Situs Semen


 

Arca Naga

Desa Semen Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri terletak di sisi utara Kota Kediri. Jaraknya sekitar 15  km dari Kota Kediri. Di desa ini terdapat sebuah situs sejarah yang dinamakan Situs Semen yang jika ditempuh dengan bersepeda angin dari Kota Kediri dapat dicapai sekitar 20-30 menit perjalanan.

 

Situs ini merupakan peninggalan kerajaan Dhaha Kediri yang berupa kompleks Kolam pemandian dengan tiga buah arca peninggalan di dalamnya. Ketiga arca itu adalah sepasang arca naga yang kemungkinan berfungsi sebagai pintu gerbang kompleks. Patung naga ini kemungkinan juga merupakan sepasang pancuran air, karena terlihat jelas ada bekas saluran air dari belakang arca yang bermuara ke mulut naga.

Arca ketiga adalah sebuah patung berbentuk manusia yang diperkirakan menggambarkan Garuda Wisnu. Kondisi arca ini rusak agak parah karena sisi kepala arca hilang. Arca ini diperkirakan adalah sebuah hiasan ataupun tempat pemujaan pada jamannya. Disebelah timur ketiga arca ini ada sebuah sendang pemandian yang kemungkinan adalah pemandian para bangsawan jaman dahulu.

Karena baru digali dan dipublikasikan tahun 2009, maka kondisi kompleks belum begitu baik. Jalan menuju ke sana berupa jalan sawah / galengan yang jika hujan sangar licin dan becek. Jembatan menuju situs juga masih sangat sederhana berupa jembatan bambu/sesek. Semoga ke depan dapat dipugar dan dapat terlihat konstruksi kompleks bangunan yang diperkirakan masih luas, karena di beberapa tempat ditemukan susunan bata yang merupakan tembok situs pemandian.

3 responses to this post.

  1. Posted by Fatchurrochman Wahyuaji Widodo on Desember 29, 2011 at 1:46 pm

    Saya mahasiswa dari Sekolah tinggi pariwisata ambarrukmo Yogyakarta,saya pernah berkunjung disana…..dan tempatnya masih banyak misteri sehingga masih banyak yang harus di pertimbangkan untuk menutup situs ini.Sebab situs ini saya nilai masih baru dan harus di cari hingga ujung sejarahnya dan masih sekitar 5 hektar kira-kira bisa di pugar dan di gali lebih mendalam.
    Saya Fatchurrochman Wahyuaji Widodo.smt 1 STiPRAM Yogyakarta

    Balas

  2. bagaimana jika situs semen ini sekarang ditutup oleh warga setempat?

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: