Data Table pada Excel untuk Rekapitulasi Data


Menu Data Table pada Excel sangat berguna untuk membuat rekapitulasi data. Sebagai contoh adalah pada pembuatan Trial Balance yang merupakan rekapitulasi General Ledger pada bidang Akuntansi. Penggunaan Data Table ini harus digabungkan dengan fungsi lain pada Excel yaitu fungsi DSum. Untuk lebih lengkapnya fungsi DSum ini sudah ditulis sebelumnya di sini. Sebagai contoh tabelnya akan disesuaikan dengan tulisan sebelumnya tersebut.

Untuk melakukan Aplikasi Data Table dalam contoh ini adalah untuk menyusun Trial Balance, maka harus dipenuhi dulu persyaratan sebagai berikut :

  1. Pada Tabel Trial Balance, kondisi kolom Acc#, Dr, dan Cr harus bersebelahan tanpa disisipi/dihalangi oleh kolom lain.
  2. Baris judul kolom pada Tabel Trial Balance dengan data isian di bawahnya harus bersebelahan tanpa disisipi/dihalangi baris lain.
  3. Isian pada kolom Acc# sebagai dasar kriteria pengelompokan harus unik/saling berbeda satu sama lain, agar Excel tidak bingung dalam mengklasifikasikan datanya.

Setelah syarat tersebut terpenuhi, maka akan tampak seperti dalam gambar di bawah range/area K3:M6.

Kemudian untuk mengaplikasikan Data Table, sorot/blok area K4:M6, kemudian klick menu Table, klick menu What-if-analysis, klick menu Data Table. Setelah itu akan muncul Dialog Box yang terdiri dari 2 isian Row input cell dan Column input cell. Kosongkan saja Row input cell, dan isi Column input cell dengan cell K4 (sel paling kiri atas dari area K4:M6) sebagai kriteria pengelompokan datanya. Setelah itu klick OK dan….secara otomatis semua table yang telah disorot/blok sebelumnya terisi data.

Paling akhir adalah cek total jumlah Dr dan Cr pada Trial Balance dan sesuaikan dengan total jumlah Dr dan Cr pada General Ledger. Kalau total jumlahnya sudah sama, maka dapat dipastikan 100% bahwa Trial Balance sudah benar. Pada gambar di bawah merupakan penjelasan langkah-langkah di atas. Selamat mencoba.

Datatable

Data Table

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: